Saturday, May 25, 2013

Konsep Game Design


Apabila anda mendengar kata game,maka yang terpikirkan adalah suatu permainan yang mengasyikkan dan mudah untuk dimainkan,namun ternyata dibalik hebatnya permainan atau game itu terdapat latar belakang pembuatan permainan yaitu pembuatan konsep. konsep adalah suatu ide pemikiran sebelum membuat suatu produk. Dalam hal ini konsep game adalah suatu ide yang membuat game tersebut terlihat bagus, bahkan bagus atau tidaknya sebuah game dapat terlihat dari konsep dari game tersebut. model model game tersebut adalah game jenis R.P.G. , Adventure , Action.
Game Designer membuat blueprint dari game yang akan dibuat. Sehingga pekerjaan artist dan programmer akan lebih terarah.

Sebelum membuat game,para developer game harus membuat ide berdasar konsep pertanyaan dasar yang harus dibuat apabila ingin membuat game yaitu :

  1. Apa saja yang akan menjadi aturannya?
  2. Bagaimana tolak ukur penilaian gamenya (skor)
  3. Bagaimana pergeseran tingkat kesulitan seiring dengan jalannya game?
  4. Apa yang membuat game ini menyenangkan?
  5. Membuat Mock-up game. Mock-up adalah gambaran kasar/sketsa yang menggambarkan game seperti apa yang kita inginkan.
  6. Membuat Storyboard, yaitu gambar berurutan yang menunjukkan level dari tiap game atau menggambarkan adegan-adegan tiap kejadian yang berbeda-beda.
  7. Menentukan genre. Terkadang seorang Game Designer membuat eksperimennya sendiri. Sering kali mereka mencoba menggabungkan beberapa tipe genre menjadi sebuah game yang unik. Bisa jadi mixing genre itu berbuah hasil yang baik, atau tidak jarang juga malah gagal.
  8. Gameplay, deskripsikan apa yang akan player lakukan di dalam game.
  9. Fitur, buat daftar apa saja yang akan menjadi fitur dalam game itu. Misalkan grafis yang tidak biasa, gameplay yag menarik, dan lain-lain.
  10. Setting, deskripsikan dunia gamenya. Termasuk konsep art yang akan digunakan. Jika game ini kuat di storynya, maka tambahkan fitur yang mempengaruhi jalan cerita.
  11. Story, jika gamenya mempunyai jalan cerita, maka berikan penjelasan mendetil. Perkenalkan karakter utama, identifikasikan masalahnya, deskripsikan penjahatnya, dan jelaskan bagaimana hero akan mengalahkannya.
  12. Target audience, game ini akan dipasarkan untuk remaja kah? Remaja pria atau wanita kah?
  13. Hardware Platform, jelaskan untuk device apa game ini akan dibuat. Apakah untuk PC, Console, Mobile, Handheld, dan lain-lain.
  14. Estimasi jadwal, budget, dan P&L. Jika kita juga bekerja sebagai publisher, maka kita juga harus menentukan jadwal pengerjaan, budget yang akan dikeluarkan, dan profit & lossnya.


Apabila pertanyaan dasar diatas sudah terpenuhi maka untuk mendesain sebuah game diperlukan sebuah layout dan interaksi  dari game nya  yaitu  :

  1. Level Design, mendesain setiap levelnya, termasuk fitur, tingkat kesulitan, dan tema dari setiap level.
  2. World Design, merancang dunia dalam game. Cerita asal muasal game ini, seting kejadian, dan tema keseluruhan dari game dibahas di dalamnya.
  3. Game Writing, merancang setiap dialog dan jalan cerita dari game.
  4. User Interface Design, mendesain interaksi user dan segala feedbacknya, misalnya ketika kita memukul pohon, apa yang akan terjadi.
  5. Content Design, merancang karakter, barang, equipment, misi, dan lain-lain.
  6. System Design, merancang game rules dan rumus-rumus matematika secara garis besar.


GRAFIK :

Grafik adalah karangan visual yang dapat memberi satu atau lebih keterangan visual. Grafik ini bisa juga diartikan sebagai kombinasi dari gambar-gambar, lambang-lambang, simbol-simbol,  huruf,  angka,  kata, lukisan, sketsa yang dijadikan satu kategori untuk memberikan konsep dan juga ide dari pengirim kepada sasarannya dalam menyampaikan informasi.


KATEGORI GAME :
  1. Action, Genre ini merupakan macam game yang paling populer. Game jenis ini membutuhkan kemampuan refleks pemain dan timing yang tepat. Contohnya Pointblank, Call Of Dutty, Crysis dll.
  2. Adventure, pemain diajak berpetualang seperti menelusuri sungai melewati gua dan lain-lain. Contohnya Assasin Creed, Super Mario, Hitman dll.
  3. RPG, Dalam game ini pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah skill, bertambah senjata, bertambah hewan peliharaan dan lain sebagainya. Contohnya Final Fantasy, World of Warcraft, Ragnarok dll.
  4. Sport, dunia olahraga dengan sedemikian rupa dibawa ke dalam komputer atau konsol. Contohnya PES, NBA, Tony Hawk Pro Skater dll.
  5. Fighting, sebuah permainan dimana pemainnya diajak untuk berkelahi satu sama lain. Contohnya Street Fighter, Teken, Smack Down dll.
  6. Race, pemain dapat memilih kendaraan, melaju di arena balap. tujuannya hanya satu yaitu menuju garis finish. Contohnya Need For Speed, Grand Tourismo, Moto GP dll.
  7. Puzzle, sebuah permainan teka-teki, berfikir, menghitung dan sebagainya. Contohnya Tetris, Bomberman, Minesweeper dll.




Sumber :
http://agatestudio.com/blog/2011/11/game-dev-heroes-game-designer/
http://imild.wordpress.com/2013/05/20/game-designer-sang-visioner/

0 komentar:

Post a Comment

Google Search

Loading...